Tuesday, May 2, 2006

Wajah Yogya, Keturunan Afgan, Tampang Ambon

Sudah hampir sebulan ada anak-anak baru di kantor. Background mereka macam-macam, ada yang dari UI, UNS, UNY, dll. Di hari-hari pertama masuk, mereka harus ngafalin nama-nama kita yang sudah lebih dulu kerja di sini, adaptasi sama kerjaan yang harus mereka kerjakan, terheran-heran sama kebiasaan kita yang mungkin aneh atau asing bagi mereka, atau bahkan terpana dengan sikap kita yang tiba-tiba aja ketawa sendiri di depan komputer (mereka ga tau, kalo kita-kita kan pada rajin ber-say hi lewat Lantalk ataupun YM).

Biasanya tipikal anak baru itu antara lain pendiam, sopan, menampakkan wajah ramah bila diajak bicara, dll. Walaupun tidak semuanya bisa bersikap seperti ini. Mereka juga cenderung sungkan untuk bertanya karena takut mengganggu pekerjaan orang yang ditanya. Alhasil, selama jam kerja mereka akan duduk diam di tempat masing-masing, sampai akhirnya bel pulang berbunyi.

Seiring waktu, mereka mulai bisa berbaur, ikutan ngobrol, mulai tanya macam-macam, dan mulai berani “ngacak-ngacak” kantor. Seperti hari sabtu kemarin, kebetulan aku, Riza, m’Estu, Sandy (anak baru), dan Babe pergi ke Mentari, cari buku referensi. Trus ujug-ujug Sandy tanya gini ke aku, “Mba, orang Yogya ya?” Kujawablah bukan, karena aku kan memang bukan orang Yogya. “Abis mba tampangnya Yogya banget!” kata dia lagi. Emang orang Yogya kaya apa si, kataku dalam hati. Trus, nyampe kantor, ada anak baru lagi yang nanya. “Mba, ada keturunan luar ya?” “Luar gimana maksudnya?” tanyaku kaget. “Iya, mba mirip-mirip wajah perempuan Afganistan...Arab-arab gitu deh” kata dia. “Ada keturunan ya?” ALAMAK... pada hari yang sama, aku disangkakan berasal dari dua suku berbeda yang “jauh” banget. Yogya ama Afgan gitu lho!

Emang wajah atau tampangku seperti apa sih??...Dulu, jaman kuliah aku malah disangka berasal dari Ambon. Ceritanya ada kakak kelas yang berasal dari sana dan katanya aku mirip dengan dia.

Yang jelas bapakku orang Lamongan yang wajahnya Jawa banget (kata ibuku), sedangkan ibuku berasal dari Padang yang wajahnya juga Padang banget. Makanya kok bisa-bisanya aku dibilang wajah Yogya, keturunan Afgan, dan tampang Ambon. Tapi kalau mau disambung-sambungin sih bisa juga. Wajah Yogyaku itu diambil dari bapakku yang orang Jawa. Adapun keturunan Afgan, nah ada ceritanya nih. Ibuku bilang dulu neneknya kakekku pergi haji ke Mekkah, terus tinggallah beliau di sana selama beberapa tahun sampai lahir ayahnya kakekku. Mungkin wajah Arabku berasal dari sini (padahal kan kalo lahir di Arab belum tentu bertampang Arab ya??).

Nah, udah ketemu kan kenapa aku berwajah Yogya dan Afgan. Yang belum ketemu linknya itu adalah kenapa aku berwajah Ambon. Apa karena nanti aku akan berjodoh dengan orang Ambon ya? Who knows....sapa tau....Mungkin aja....Mungkin iya, Mungkin tidak.......

10 comments:

Manik Cantik said...

Wahahaha honey buny tweety...
lucu!! lucu abis!! gak match banget....keturunan afgan? tampang ambon?? sampe gak bisa mingkem, nyengir mulu....
Sebenernya wajah dirimu itu gak ada yang aneh? yang jelas wajah Indonesia banget... tapi kalau sampe disebut afgan? kayaknya karena memang anak baru yang kehabisan tema ngobrol. Mungkin mereka aneh kali ya melihat tingkah kita yg murah senyum dengan komputer, makanya buat buka pembicaraan dengan bertanya apakah mba Hany ada turunan afgan? dll dsb dst....hehehe

Anonymous said...

yo bana, sampai tabaliak mato ambo mandanga itu....(hihihi...ga ngerti ya....buka kamus minang dulu ya..)

Anonymous said...

tabaliak ato tabalalak ya..........tau deh..lieur..

Anonymous said...

apapun wajahnya...
yang jelas kamu berhati MALAIKAT

Anonymous said...

ah yang beneer...msh dlm rangka penggombalan nih kayanya.......ga mempan lg tuh...but anyway...amiin...

uknee said...

mba han mendingan dibilang tampang ambon or afgan..drpd dia blg mirip allien..:D..tapi emang sih agak2 arab..tp ada padangnya juga..eh jawanya juga keliatan ko..nah lo bingung...

Anonymous said...

awas aja yun, kalo dia brani2 nyebut gw mirip alien...langsung gw WATAWWW!!!!hihihi

Anonymous said...

??????
:-/:-/:-/
:-/:-/:-/
:-/:-/:-/

Anonymous said...

anon: ??????
:-/:-/:-/
:-/:-/:-/
:-/:-/:-/
maksudnya???

Anonymous said...

maksudnye...
kaga ngartos atuh...
(emoticon di YM)