Monday, May 8, 2006

Bagian dari memilih

Yang namanya hari minggu ataupun hari libur lainnya pasti selalu jadi hari yang ditunggu-tunggu. Sekadar untuk melepaskan kejenuhan setelah dari senin-sabtu menjalani aktivitas rutin sebagai pekerja. Mungkin cara orang menghabiskan hari minggu atau hari liburnya akan berbeda-beda. Ada yang menghabiskan hari liburnya dengan tidur seharian di rumah, jalan-jalan sama teman, have fun bareng keluarga, ataupun puas-puasin nonton TV seharian di rumah. Kadang, saat pekerjaan sedang overload dan dikejar-kejar dateline (ato deadline??), hak untuk libur pun diambil oleh kantor. Seringkali, rencana mengisi libur resmi hari minggu harus gagal karena lembur ataupun dinas luar kota. Harus gimana lagi? ini adalah risiko bekerja yang tidak bisa ditawar-tawar.

Entah dengan orang lain, tapi saya pribadi sering merasa bersalah kalo punya banyak aktivitas di luar. Karena berarti saya mengambil hak keluarga saya. Dari senin-sabtu, kita sibuk dengan urusan masing-masing. Saya pikir ga ada salahnya kalo hari minggu dan hari libur lainnya adalah untuk keluarga. Dulu, ketika bapak saya masih ada, setiap hari minggu adalah hari jalan-jalan bareng. Kadang, kita cuma putar2 keliling Jakarta, ngelewatin kantornya bapak dan tempat-tempat yang biasa beliau datangi, cuma untuk menyenangkan hati beliau....
Dan kegiatan-kegiatan itu selalu kita lakuin bareng2 (full team): bapak, ibu, kakak, adik, dan saya.

Sekarang saat kita cuma tinggal berempat, kebiasaan pergi bareng tetap ada. Rasanya jarang sekali kita pergi tidak berempat. Ke toko buku, ke pameran, silaturahim, bahkan ziarah pun selalu kita lakukan dengan jumlah personil yang sama. Seringkali, rencana untuk pergi bareng dibatalkan karena ada salah satu anggota keluarga yang tidak bisa pergi karena ada acara lain. Biasanya kita nunggu sampai semuanya bisa pergi, baru deh kita pergi. Makanya kalau ada acara dengan teman-teman, yang kebetulan pada hari minggu ataupun hari libur, saya memilih untuk tidak pergi kalau sudah ada rencana untuk pergi bareng dengan keluarga. Bukannya sibuk atau apa....tapi bagian dari "memilih".

Seperti kejadian hari minggu kemarin, tiga hari sebelumnya kami sudah berencana untuk datang ke pameran buku di Istora. Rencananya, pergi sepulangnya adik saya psikotest di Menteng. Ternyata pagi hari, nenek pingsan saat mandi. Beliau memang sudah lama sakit...stroke juga. Badannya dingin, pucat pula. Dipanggil-panggil, diam aja. Kami semua sibuk ngolesin obat gosok di kakinya, di kening, dekat hidung, mengurut tangan beliau yang gemetaran. Setelah hampir sepuluh menit pingsan, barulah nenek sadar. Kalo udah kaya gini, ga mungkin lah tetap pergi ke pameran buku....(padahal kemarin itu hari terakhir.....!)

Jadilah berhari minggu di rumah saja. Kebetulan juga, yang biasa masak dan bantu2 di rumah lagi pergi ke Bogor, nengok cucunya. Saya sih mikirnya praktis, kalo ga ada yang masak, ya beli aja. Tapi, berhubung ada ikan dan sayuran di kulkas, ya mau ga mau harus dimasak, daripada busuk. Akhirnya, setelah lamaaaa banget ga pernah "masuk dapur", terpaksa deh.....masak!!. Ga sendirian sih, tapi ditemenin sama my beautiful sister dan si Bob, lovely cat yang sudah hampir setahun jadi anggota keluarga baru. Ga rumit sih masakannya, cuma balado ikan sama tumis sayur. Tapi, ya gitu...berhubung ga pernah masak, grogi juga megang penggorengan (abis biasanya megang mouse sih). Ternyata menggoreng itu polusi suara ya....kencang banget suara ikan pas ketemu sama minyak panas (dah lama ga ketemu kalii, jadi heboh gitu...). Karena ga biasa menggoreng, saya jadi ga bisa memperkirakan tu ikan dah mateng atau belum. Kata ibu sih, kalo warnanya dah coklat berarti dah matang. Berhubung ga sabaran dan kurang pengalaman, tu ikan saya balik2 terus (tuk tau warnanya dah berubah belum), jadinya agak2 ga sempurna gitu deh hasilnya. Belum lagi sambalnya yang tiba2 aja jadi berwarna kehitaman dan pecah2. Kata ibu, itu gosong namanya. Yah, mana saya tau......Kayanya cuma sayurnya aja deh yang rada beneran dikit. Kata adik saya sih enak. Dia mah emang penikmat segala rupa dan dulu dia paling suka kalo saya bikinin dadar mie (makanan yang saya paling pede masaknya).

Ternyata masak itu not bad lah. Dan bisa dipelajari...semakin sering dipraktikkan, dijamin semakin jago dan enak masakannya. Tapi, saya belum niat tuh untuk belajar masak. Ntar-ntar aja....
Sekarang saya masih ingin dekat sama keluarga aja, secara "sang pangeran" juga belum datang. Dan siapa tahu nanti "pangerannya" adalah orang Ambon yang punya restoran Padang.....

Untuk jeng fe.....hidup itu pilihan dan ga ada satu masalahpun yang ga ada jalan keluarnya....pasti ada


2 comments:

Manik Cantik said...

Untuk mengambil suatu pilihan pasti membutuhkan perenungan. Merasa bersalah? itu sudah pasti! seperti kata jeng Honey tadi bahwa ortu punya hak penuh atas diri kita bahkan mungkin lebih besar, karena beliaulah yang membesarkan kita. Jadi mungkin kalau aku lebih memilih banyak melakukan aktivitas diluar (dlm hal ini tentu yg bermanfaat) aku juga harus pandai2 memberikan pengertian buat mother, betul kan?

Btw dirimu gak bisa masak?? hehehe kursus gih, biar dapet label "High quality"

Anonymous said...

Masak??? emang kalo mo masuk "high quality" harus jago masak ya..... emang yang dicari itu calon istri ato koki sih.............