Monday, April 26, 2010

My mom_the everlasting learner

My mom says, ndak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Semua hal bisa dipelajari. Sesuatu yang tadinya kita sama sekali tidak berpengetahuan tentangnya, bisa dipahami dengan mencari tahu; via membaca, bertanya, atau learning by doing. Dan bukan sekadar kata, beliau sudah membuktikannya.

Di tahun 2004, beliau merencanakan membuat kos-kosan. Katanya biar rumah ndak terlalu sepi sepeninggal bapak (padahal sih ada kos-kosan juga ndak jamin rumah jadi rame, wong yang kos juga karyawan yang pergi pagi pulang malam..:D). Amazing aja lihat beliau mulai corat coret, baca sana baca sini, hitung sana hitung sini, bikin sketsa, sampai mencari pemborong yang bakal mengerjakan tu rumah. Pokoknya beliau berprinsip, punya kos-kosan tapi semuanya tetap merasa nyaman dan ndak terganggu dengan kehadiran orang lain. Tiga tahun kemudian, giliran rumah kami yang mau direnovasi. Beliaulah yang tetap memegang peranan. Yang ini pasti lebih rumit ya dibanding membangun kos-kosan. Beliau juga yang membuat sketsa rumah lengkap, dari depan sampai belakang.

Sekarang beliau lagi senang-senangnya mengerjakan soal-soal matematika. Kemarin sempat minta dibeliin buku matematika kelas VII dan VIII. Setelah pulang mengajar, pasti langsung dikerjain soal-soal yang ada di buku-buku itu. Soal-soal Olimpiade untuk SD juga ndak ketinggalan dikerjakan. Beliau bilang, jarang ada seminar atau pelatihan untuk guru kelas I SD. Jadi untuk menambah kemampuan, beliau memilih belajar sendiri dengan mengerjakan soal-soal yang levelnya jauh di atas yang beliau ajarkan kepada murid-muridnya. Beliau juga pernah kursus bahasa Inggris di LIA (sempat satu kelas sama teman SMA nya adeku...:D). Pernah juga pingin kursus nyetir, tapi ndak jadi karena ternyata ada yang ndak bisa ditinggal di rumah.

Apakah sejak menikah, beliau sudah seperti itu? Mengambil inisiatif dalam banyak hal di keluarga kami. Ndak juga ternyata. Dari cerita-cerita beliau yang kudengar belakangan, sebenarnya bapak lebih dominan..sangat malah. Dalam hal-hal kecil, seperti membeli perabot rumah misalnya, bapak lebih suka memberi "kejutan". Tiba-tiba sudah beli aja sendiri, siap diantar ke rumah :). Jadi keputusan itu lebih banyak ada di tangan bapak. Mungkin...segala potensi yang beliau punya tenggelam di balik dominasinya bapak...hahaha. Dan, keadaanlah yang akhirnya membuat beliau kini mampu mengambil hampir semua peran kepala keluarga. Sehingga muncullah potensi-potensi yang selama ini masih terpendam. Malah beliau berencana membuat TK di rumah selepas pensiun akhir tahun ini.

Bu, semoga Allah meridhoi dan memudahkan segala usahamu, mengabulkan doa-doa dan keinginanmu, membahagiakanmu dunia akhirat...Amiiinn




*Kok ndak nurun ke anaknya ya....:P

6 comments:

OK said...

Amiiiin.....



** Memang...ada hal2 yg bisa diturunkan secara genetika tapi banyak jg yg tdk benar2 jatuh dibawah pohonnya...
***hmm.... ibumu mo private komputer n programming ga yah?? gw mau deh ngajarin...asal perjamnya jelas gitu...:p

buYus said...

:) mudah2an yang baik2 nurun juga ke anaknya yang satu ini...:D


hmmm....dia pasti mau banget belajar hal2 baru keknya...soale anaknya yang satu ini suka ga sabaran klw ngajarin...:P

buYus said...

btw OK apaan ya?....
Orang Kurus ya...:P

ato Orang Kaya....:D

OK said...

Lo tau OG itu apa ngga??

Anonymous said...

tau dong...
Orang Ganteng khan....

berarti OK itu Orang Keren ya....



*kirain Orang Kangen..:D

OK said...

nah... lumayan jg otak lo:p


kalo Kirain Orang Kangen mah jadinya KOK dong....gimana sih? :p