Monday, March 20, 2006

Friendship


Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Persahabatan sering menyuguhkan berbagai cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya. Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka-duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua itu tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Proses dari teman manjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan, dan pernyataan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan sahabatnya.

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan, orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan. Penyesalan tidak seharusnya ada, yang ada hanyalah penghargaan abadi atas pilihan-pilihan kehidupan yang telah dibuat. Teman sejati mengerti ketika kamu berkata "aku lupa", menunggu selamanya ketika kamu berkata "tunggu sebentar". Akan tiba saatnya di mana kamu harus berhenti mencintai seseorang...bukan karena orang itu berhenti mencintai kita...melainkan karena kita menyadari orang itu akan lebih berbahagia bila kita melepaskannya.

Loving is not how you forget, but how you forgive...

ps: modif dr berbagai sumber
Ternyata ada beberapa bagian yang diambil dari novel Pakistan, judulnya "Cinta Yang Terlambat" Penulis: Dr. Ikram Abidi
. Urutannya ga pas seperti ini sih, kan dah dibilang ini modif dr berbagai sumber, soale waktu itu cuma dapat print out nya aja. Karena saya memaknai persahabatan seperti kalimat-kalimat itu, ya jadilah judulnya: FRIENDSHIP