Tuesday, March 21, 2006

Ada Apa Dengan CPNS?


Beberapa hari ini, setelah berita penayangan bentrok antara polisi dan massa pengunjuk rasa di Abepura, berita tentang serba-serbi pengumuman CPNS mulai menghiasi media cetak dan elektronik kita.

Ternyata banyak ketidakpuasan yang dialami oleh pihak-pihak yang ternyata tidak lolos ujian CPNS. Sebagian besar ketidakpuasan itu melanda orang-orang di daerah. Ada serombongan guru bantu yang kecewa karena tidak lolos, pensil 2B yang diduga palsu, pengumuman hasil ujian yang tidak diterima pelamar, dst....

Akibatnya adalah kekecewaan melanda orang-orang yang sangat berharap menjadi PNS. Misalnya, di sebuah daerah ada seorang bapak berputra 3 yang nekad gantung diri karena tidak lolos tes CPNS, padahal beliau sudah menjadi tenaga honorer selama 5 tahun. Belum lagi isu-isu negatif yang berkaitan dengan uang sogokan mewarnai penerimaan CPNS.

Alamak.....ada apa sih dengan PNS, sampai orang berkeinginan sangat kuat menjadi bagian dari pegawai pemerintahan. Masih ingat kan, suasana pendaftaran, pengambilan nomor peserta, dan saat ujian berlangsung yang dipenuhi oleh banyak sekali peminat.

Sebagai anak pensiunan PNS, saya sudah ngerasain koq seperti apa PNS itu. Paling engga pengamatan terhadap kedua ortu lah. Memang banyak isu-isu negatif mengenai pegawai pemerintahan, dari mulai kinerja sampai inefisiensi anggaran.

Yang jelas, saya tidak apriori dengan PNS, jika someday saya dikasi kesempatan jd PNS, saya berharap tidak memulainya dengan cara-cara yang tidak baik.

No comments: