Friday, December 10, 2010

Si Paman itu...

Saya pertama kali kenal dengan dia itu 13 tahun yang lalu. Dia termasuk satu dari beberapa teman se-angkatan yang menjadi 'artis' ordik_dengan gaya 'enam-enam'-nya itu (untungnya saya ga harus nyebutin asal SMA saya 55 dengan gaya 'enam-enam'-nya itu..hehe).Dia itu lucu, kocak, nyenengin, baik hati, ga pernah marah...easy going lah pokoknya. Dia itu termasuk geng 02_yang kalau pulang kuliah naik angkot merah 02 dari Gerbatama sampai rumahnya di daerah Pondok Labu. Dari awal kuliah, saya dan beberapa teman perempuan yang lain termasuk yang sering hang out bareng dia dan anggota geng 02 lainnya. Biasanya jalan ke Mall Depok, Plaza Depok, tapi seringnya si ke Cinere Mall (mungkin sekarang nama-nama mall itu sudah pada berubah kali ya...:)). Dia juga tu yang pertama kali ngajakin makan Pangsit 'Jorok' di Pasar Pondok Labu. Mie ayam biasa sebenarnya, cuma emang porsinya lumayan banyak dan kenapa dibilang Pangsit 'Jorok', karena emang tempatnya di pojokan pasar yang rada becek kalau hujan, tapi enak...masalah kebersihan mah...ga tau deh...hehehe. Kadang kita juga suka minum es kelapa di turunan Pasar Lenteng atau ngebakso di kelurahan (dekat rumahnya bang lala).

Dia termasuk sosok yang terbuka, kita sering main ke rumahnya...kenal dengan ibu dan kakak-kakaknya yang juga ndak kalah nyenenginnya dari dia. Di rumah dia dipanggil dengan sebutan 'paman'..ndak cuma sama keponakannya tapi semua anggota keluarganya juga memanggil dia dengan sebutan itu. Akhirnya kita pun mulai memanggilnya dengan sebutan itu juga. Dia dan geng 02-nya termasuk yang pertama kali main ke rumah saya...ngerjain tugas Kartografi kalau ndak salah. Dia teman yang rajin kuliah, rajin ngerjain tugas (bareng) juga. Kita juga beberapa kali ke British Council, cari buku-buku referensi untuk tugas kuliah (gayanya....sampe bikin kartu anggota segala, padahal tu buku-buku kan 'bule' semua...hehehe). Yang ndak pernah ketinggalan ke manapun dia pergi ya handuk putihnya itu...karena dia suka berkeringat lebih (jadi kaya abang-abang jualan deh, berkalungkan handuk putih...ndak tau juga tu handuk cuma satu-satunya atau dia punya lusinan...hahaha...ndak pernah nanya soalnya).

Yang ndak akan terlupakan itu sifatnya yang helpful...yang paling berkesan waktu dia jadi 'sukarelawan' yang menemani saya survei skripsi di Sukabumi. Masih ingat dia dan satu teman cowo lagi rela duduk di atas mobil 'elep' barengan sama barang-barang penumpang yang lain, karena di dalam sudah penuh dan itu angkutan umum terakhir di hari itu. Handuk putihnya yang diikatkan di kepala setia menemani sepanjang Ciwaru-Pelabuhanratu. Setelah lulus kuliah, saya dan dia jarang bertemu, paling di kondangan atau saat ada acara-acara angkatan...buka puasa bersama atau halal bihalal. Dia termasuk yang rajin datang kondangan teman se-angkatan, hampir di setiap foto bareng wed couple, dia ada...(barengan sama soulmate-nya_bang lala). Terakhir ketemu itu di acara buka puasa bersama tahun 2009, dia datang bareng sama pacarnya. Di acara itu, kita sekalian arrange tanggal untuk acara halal bihalal. Karena tanggal yang ditentukan masih di bulan yang sama, saya sempat ngomong ke dia, 'masa iya sebulan 2 kali ketemu elo ya, man'..hehe.. dia cuma ketawa aja (no heart feeling_dia ndak pernah marah, sering diledek tapi ndak pernah di masukin hati).

Di akhir tahun 2009, saya membuat satu kumpulan foto full team satu angkatan, 14 perempuan dan 25 laki-laki. Ternyata saya ndak masukin foto dia (tersadar setelah diingatkan seorang teman). Kok bisa ya...padahal koleksi foto dia di saya itu lumayan banyak. Untungnya dia ndak punya akun FB (tempat saya upload foto itu). Ndak enak banget pasti kalau dia tahu saya lupa masukin foto dia di foto full team angkatan (tapi yakin...kalau dia tahu pasti ndak akan marah..paling dia cuma cengar cengir dengan senyum khasnya itu...hehe). Pertanda atau bukan....entahlah

Hampir 10 bulan yang lalu, tepatnya 11 Februari 2010...sore-sore...kabar duka itu datang. Kaget banget, ndak percaya karena emang ndak pernah dengar dia punya penyakit yang lumayan berat. Emang sih dia pernah opname karena DBD, typhus...tapi ndak nyangka aja.
Ah paman...good man die young.


*tulisan yang tertunda lamaaaa....

1 comment:

Anonymous said...

:((